Sabtu, 11 Oktober 2014

Gurah Bagi Kesehatan

Suara emas bagi seorang sinden atau penyanyi adalah aset yang perlu  dijaga. Salah satunya dengan terapi gurah yang bermanfaat membersihkan  lendir dan kotoran di saluran napas. Bagaimana memilih terapi gurah yang  aman?.  Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari  dalam tubuh dengan menggunakan ramuan herbal.
Dalam tradisi warga Imogiri, Bantul, Yogyakarta, gurah merupakan  pengobatan tradisional yang dilakukan dengan meneteskan ekstrak daun  Srigunggu (Clerodendron Serratum) ke mulut atau lubang hidung. Terapi  ini sering dilakukan para sinden untuk menjaga kualitas suara agar tetap  merdu.
Dalam perkembangannya, herbal yang digunakan tidak melulu daun  Srigunggu. Beberapa terapis menggunakan jenis dedaunan dari tumbuhan  berkhasiat lainnya, bahkan ada yang menggunakan bumbu-bumbu dapur  seperti cabe dan kunyit.
Tujuannya juga mengalami perkembangan, dari yang semula untuk  membersihkan tenggorokan kini semua organ yang menghasilkan lendir bisa  dibersihkan.
Daun Srigunggu merupakan salah satu herbal yang paling banyak digunakan  untuk gurah, karena memang dari ekstrak tanaman inilah terapi gurah  berkembang. Khasiatnya juga sudah dibuktikan secara ilmiah dan banyak  dibuat dalam bentuk suplemen kapsul gurah.
Penelitian yang membuktikan hal itu dilakukan tahun 2005, oleh Prof dr  Soepomo Soekardono, SpTHT-KL(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas  Gadjah Mada. Dalam kesimpulannya disebutkan gurah dengan ekstrak daun  srigunggu efektif meredakan gejala rinosinusitis kronis seperti ingus  berlebih, bersin dan hidung tersumbat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar